Install LTSP 5 di Ubuntu

Instalasi ini telah saya coba di warnet saya.

Pertama kita install ubuntu

setelah berhasil terinstall, buka terminal. ketikkan perintah sbb :

sudo apt-get update

sudo apt-get install ltsp-server-standalone

sudo apt-get openssh-server

ok, sekarang kita akan membuat ltsp client-nya.

sudo ltsp-build-client

kalo punya cd ubuntu alternate atau dvd repo. ketikkan perintah ini.

sudo ltsp-build-client –mirror file:///cdrom

sudo ltsp-update-sshkeys

sampai disini ltsp sudah terinstall, sekarang kita konfigurasi di dhcp.conf untuk memperkenalkan client ke server ltsp.

Edit file /etc/ltsp/dhcp.conf

#
# Default LTSP dhcpd.conf config file.
#
# dhcpd.conf

ddns-update-style             ad-hoc;

option subnet-mask                  255.255.255.0;
option broadcast-address      192.168.1.255;
option routers                           192.168.1.1;
option domain-name-servers  192.168.1.1;
option domain-name                 “your_domain.org”;   # You really should fix this
option option-128 code 128 = string;
option option-129 code 129 = text;

get-lease-hostnames           true;

next-server                   192.168.1.2;
option root-path          “192.168.1.2:/opt/ltsp/i386”;

subnet 192.168.1.0 netmask 255.255.255.0 {
range   192.168.1.100   192.168.1.109;
if substring( option vendor-class-identifier, 0, 9 ) = “PXEClient” {
filename “ltsp/i386/pxelinux.0”;
} else {
filename “ltsp/i386/nbi.img”;
}

contoh diatas untuk 10 client dari ip 192.168.1.100  sampai  192.168.1.109

selain file dhcp.conf, yang harus diedit adalah file /opt/ltsp/i386/etc/lts.conf .

contoh file lts.conf

[default]
#    X_COLOR_DEPTH=16
LOCALDEV    = True
SOUND     = True
NBD_SWAP     = True
SYSLOG_HOST = server
XKBLAYOUT     = us

################
#[MAC ADDRESS]: Per thin client settings
################

[00:08:C7:C2:2A:6B]
XSERVER          = mga
SCREEN_07        = ldm
LDM_DIRECTX      = True
X_COLOR_DEPTH    = 16
X_MOUSE_DEVICE   = /dev/ttyS0
X_MOUSE_PROTOCOL = intellimouse

[00:08:C7:02:8B:F0]
XSERVER          = vesa
SCREEN_07        = ldm
LDM_DIRECTX      = True
X_COLOR_DEPTH    = 16
X_MOUSE_DEVICE   = /dev/ttyS0
X_MOUSE_PROTOCOL = intellimouse

[00:08:C7:40:C2:69]
XSERVER          = vesa
SCREEN_07        = ldm
LDM_DIRECTX      = True
X_COLOR_DEPTH    = 16
X_MOUSE_DEVICE   = /dev/ttyS0
X_MOUSE_PROTOCOL = intellimouse

[00:08:C7:C2:88:C8]
XSERVER          = vesa
SCREEN_07        = ldm
LDM_DIRECTX      = True
X_COLOR_DEPTH    = 16
X_MOUSE_DEVICE   = /dev/ttyS0
X_MOUSE_PROTOCOL = intellimouse

Tiap client didefinisikan di lts.conf dengan identifikasi mac address. tiap ada perubahan di lts.conf jalankan perintah

sudo ltsp-update-image

Kalo semuanya sudah di setting. tinggal boot dari client. Kalo saya boot-nya pake’ cd, karena disket sudah susah didapat dan cepat rusak. untuk iso untuk bootnya silahkan download di :

http://andinux.org/descargas/andilabs/andilabs/cd-diskette-universal/

Selamat mencoba ….

Iklan

Satu Tanggapan

  1. ehem.. ehem.. yag pertama nih…

    boljug nih.. emang ada niat bikin warnet thin client pake ltsp
    mas saya mau tanya2 dikit
    1. klo loading aplikasi grafis di client gak membebani server?
    2. kra2 spek server yg oke gimana itung2annya? (mis: utk 5 clien mesti begini… )
    3. klo client non linux gma ya?
    4. terakhir boot client kan pake cd, gmna settingnya klo lgsung dari net pake

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: